Dihadiri Menpora, Perayaan Hari Afrika 2024 Berlangsung Meriah

#DkiJakarta99 Dilihat

Dihadiri Menpora, Perayaan Hari Afrika 2024 Berlangsung Meria

Jakarta, MediaInvestigasi.Net – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Nandito Ariotedjo, menghadiri Perayaan Hari Afrika (Africa Day) tahun 2024. Acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Jumat, 31 Mei 2024, itu berlangsung sangat meriah. Tidak kurang dari 1000 undangan menghadiri acara yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini.

Menpora Ariotedjo hadir pada acara yang diikuti para duta besar negara-negara Afrika untuk Indonesia itu dalam kapasitas mewaliki Pemerintah Republik Indonesia. Selain Menpora, hadir juga Wakil Ketua MPR RI, Muhammad Hidayat Nur Wahid, dan Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin.

Puluhan duta besar dan perwakilan kedubes negara sahabat non-Afrika juga terlihat hadir dalam acara yang dikemas dengan suasana santai dan penuh persahabatan itu. Mereka antara lain Duta Besar Kesultanan Oman, H.E. Mohamad Ahmed Salim Al-Shanfari; Wakil Duta Besar Rusia, H.E. Veronika Novoseltseva; Sekretaris Pertama Kedubes Ukraina, H.E. Svitlana Bondarenko; dan Duta Besar Palestina, H.E. Zuhair S.M. Alshun.

Duta Besar Kerajaan Maroko, H.E. Ouadia Benabdellah, yang merupakan Ketua Persatuan Diplomat Negara-negara Afrika, menjadi tuan rumah dalam perhelatan tahunan tersebut. Dalam sambutannya, Dubes Ouadia Benabdellah menyampaikan sangat berterima kasih, tidak hanya atas kehadiran para undangan, tapi juga atas dukungan semua pihak dalam memperkokoh persatuan dan kerjasama antara negara-negara Afrika serta hubungan yang harmonis negara-negara tersebut dengan Indonesia.

Sementara itu, Menpora Ariotedjo menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia sangat mendukung berbagai program kerjasama yang sudah terbina dan akan dilaksanakan oleh negara-negara di Benua Afrika ini dengan Indonesia. Berbagai kerjasama tersebut patut diapresiasi dan akan ditingkatkan di masa mendatang, baik dalam hal perluasan bidang kerjasama maupun volume yang signifikan.

Baca Juga :  BroNies Terbitkan Buku Anies Berbahayakah Bagi Oligarki?

Usai penyampaian pidato Ariotedjo, acara yang diawali dengan mendengarkan lagu mars Persaudaraan Afrika dan lagu kebangsaan Indonesia Raya itu, dilanjutkan dengan pemotongan kue Africa Day dan foto bersama para duta besar negara-negara Afrika. Ratusan wartawan dan pewarta serta para undangan antusias mengabadikan momen istimewa tersebut.

Acara ini kemudian ditutup dengan resepsi makan malam bersama dan penyajian berbagai atraksi hiburan, berupa tari-tarian, musik dan lagu. Berbagai menu tradisional dari berbagai negara Afrika disajikan dalam event itu, seperti Couscous dari Maroko, Shakshouka dari Libya, dan Sadza dari Zimbabwe.

Di luar Ballroom tempat acara, dipamerkan berbagai produk kerajinan dan hasil karya serta benda-benda khas dari masing-masing negara Afrika. Selain itu, berbagai poster, buku, banner, dan bermacam media informasi dipajang di setiap stand masing-masing negara untuk dilihat dan dinikmati para pengunjung. Di stand Kedubes Maroko misalnya, selain memajang foto Raja Maroko, H.H. King Muhammad VI, juga dipamerkan belasan exemplar buku berjudul “Indonesia-Maroko: Lebih dari Sekadar Persahabatan” hasil kerjasama Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dengan Kedutaan Besar Maroko belasan tahun lalu.

Di antara undangan yang hadir dari kalangan umum, terlihat antara lain Sultan Sepuh Aloeda II Keraton Kasepuhan Cirebon, Y.M. R. H. Rahadjo Djali bersama istri; Staf Ahli Ketua Umum Partai Hanura, Eduardus Lemanto, yang mewakili Ketum Hanura, Y.M. Oesman Sapta Oedang; dan Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, bersama istri. Acara yang dipercayakan penyelenggaraannya kepada Ambassador Indonesia, H.E. Nico Barito, ini berlangsung sukses dan aman dari awal hingga akhir acara. (APL/Red)

Komentar