Makanan Jenis Biskuit Malkist Kedaluwarsa Di Kosumsi Anak Balita Masih Diperjual Belikan Di Sejumlah Kios Di Kota Bobong Pulau Taliabu

Berita, Daerah, Hukum1910 Dilihat

 

Taliabu Maluku Utara,Investigasi.net, Kembali heboh di Kabupaten Pulau Taliabu sejumlah produk makanan Jenis Biskuit Malkist Kedaluwarsa di Kosumsi Anak Balita yang harusnya sudah tidak lagi sesuai standar dan tidak layak konsumsi ditemukan di sejumlah pusat perbelanjaan Produk makanan tersebut diantaranya beberapa jenis kemasan dan biskuit, ungkap.ibu balita yang engan mau di sebutkan namanya.

Dimana ibu balita megatakan bahwa makanan-makanan tersebut ditemukan di salah satu kios pusat perbelanjaan di Bobong Ibu Kota Kabupaten Pulau Taliabu hal itu di ketahui setelah anaknya mau kosumsi makanan snek jenis Biskuit Malkist, tuturnya.

Ibu balita juga menyampaikan bahwa tak hanya menemukan produk makanan kemasan seperti Biskuit Malkist namun jenis makanan yang lain juga yang tidak layak makan di temukan di sana, ucapnya.

Selain itu juga beberapa makanan kaleng yang ditemukan kemasannya sudah berkarat dan rusak dan juga menemukan produk pangan yang sudah kedaluarsa dan makanan yang tidak mencantumkan tanggal kadulauarsanya.

Kepada Media Investigasi.net, Ibu Balita yang tak mau di sebutkan namanya tegas menxampaikan bahwa harusnya Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan, Kepolisian serta Satpol PP melakukan pemeriksaan di pasar dan sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara.

Agar segra melakukan pemerikasaan dehan adanya temuan sejumlah jenis makanan yang sudah tiba waktu tanggal kadaluarsa, apalagi ada yang sudah kadaluarsa, tapi masih dijual, tegasnya.

Dia juga mengatakan operasi ini untuk memastikan keamanan pangan yang akan dikonsumsi masyarakat khususnya hasil temuan yang sudah ada, agar ditindaklanjuti oleh dinas terkait terhadap pemilik sejumlah pusat perbelanjaan.

Harusnya Produk-produk yang tidak sesuai standar dan tidak layak di konsumsi langsung ditarik dari Pemilik sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di kota bobong dan juga di beri himbauan agar tidak menjual kembali produk yang sudah kadaluarsa, pintanya.

Baca Juga :  Dandim 1002/HST : Operasi Pasar Memastikan Ketersediaan dan Stabilitas Harga Bahan Pokok Bagi Masyarakat

Dia menambahkan beberapa makanan seperti Jenis Biskuit Malkist Kedaluwarsa harus ditarik dan dilarang untuk dijajakan krmbali antara lain wafer yang tidak mencantumkan tanggal pembuatan dan kadaluarsa serta kemasan yang kadaluarsa masih di temukan di sejumlah pusat perbelanjaan seperti kios.

“Apalagi Sangat Jelas Kita Telah Menemukan makanan Jenis Biskuit Malkist Kedaluwarsa yang dalam kemasan, tanggal kadularsa juli 2023 tapi masih dijual. Itu harus sebelum jatuh tempo masa kadaluarsa paling lambat 3 bulan sudah ditarik karna menurut Ibu Balita Juga mengatakan bahwa ada dua kemungkinan makanan kadaluarsa tetap dijual.

Pertama karena faktor ketidaksengajaan Pemilik pusat perbelanjaan termasuk Kios-Kios xanv sering lalai yang tidak melakukan pengecekan secara rutin barang yang dijualnya.

Kedua karena faktor kesengajaan saat kebutuhan masyarakat meningkatan sehingga ada pedagang nakal atau memanfaatkan kesempatan.

Degan hal tersebut Ibu Balita menyampaikan pada seluruh Masyarakat harus hati-hati dalam membeli produk.

Cek dulu tanggal kadaluarsanya, jangan langsung beli semua barang-barang yang mau di beli harus dapat di pastikan barang manan masih layak di kosumsi atau tidak, tutupnya.

(Ketua Investigasi Wilayah Indonesia Timur **** La Omy La Tua).

Komentar