Kunjungan Kadinkes & Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu Ke Puskesmas Nggele

Berita, Daerah, Sosial1448 Dilihat

 

Taliabu Maluku Utara, Investigasi.net, Pada Hari Sabtu Tanggal 17 Juni 2023 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly,.S.Ag. bersama Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu melakukan kunjungan ke Puskesmas Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut.

Dimana Kepala Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly,.S.Ag. bersama Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu melakukan kunjungan tersebut dalam rangka melakukan pembinaan secara terpadu dalam rangka pembinaan terkait penyusunan Dokumen Re Akreditasi di Puskesmas Nggele.

Adapun Tim yang hadir pada kegiatan ini adalah :

1). Kuraisia Marsaoly,.S.Ag, (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

2). Aema La Rakaba,.Skm (Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu sekaligus Ketua Tim TPCB)

3). Apt. Nurmalasari,.S.Fam (Kepala Bidang Yankes sekaligus Anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

4). Mariasa La Mari,.Skm,.Md.Kep (Kepala Puskesmas Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut).

5). Susanthy Rauf,.S.Kep.Ns (Anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

6). Mustina,.S.Kep (Staf P2P/ Pj. Imunisasi sekaligus Anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

7). Musrifa Rajuna,.S.ST (Anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

8). Burhan Teapon,.Skm (Anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

9). Hermiati Hamid,.Skm (Anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly,.S.Ag. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini di laksanakan dalam rangka mempersiapkan reakreditasi di Tahun 2023, serta Peran penting TPCB di setiap Puskesmas yang ada di delapan Kecamatan Kabupaten Pulau Taliabu.

Dan khususnya di Puskesmas Nggele dalam pencapaian akreditasi di setiap puskesmas yang akan menjadi perhatian Khusus dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kabupaten Pulau Taliabu untuk melakukan peningkatan mutu pembinaan TPCB bagi puskesmas, tutur. Kuraisia Marsaoly,.S.Ag.

Baca Juga :  Babinsa Kawal Pemberian Vitamin di Posyandu Desa Bumiaji

Selain itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly,.S.Ag. menyampaiakan bahwa kedatangan Tim Pembina Cluster Binaan ini sangat membantu puskesmas dalam melakukan self assesment terhadap pencapaian kinerja di setiap Puskesmas termasuk Puskesmas Nggele karna hal ini penting sekali untuk mencatat dan membuat laporan apa yang sudah kita kerjakan, serta melakukan apa yang sudah kita catat dan laporkan.

Tim TPCB hadir sebanyak 8 orang, kunjungan tersebut sebagai upaya peningkatan mutu dan reakrditasi V Bab disamping itu juga tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu yang melakukan pembinaan semua program

Mulai dari Bagian Pelayanan Primer, Kesehatan Lingkungan, Keuangan, Gizi, Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Ibu dan Anak, Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, P2PTM, dan lain-lain, kata. Kuraisia Marsaoly,.S.Ag.

Salah satu tantangan pembangunan kesehatan saat ini adalah belum meratanya pelayanan kesehatan yang bermutu, lebih-lebih pada pelayanan kesehatan tingkat primer, dan bagaimana melakukan penguatan pelayanan kesehatan primer sebagai ujung tombak pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, maka kebijakan pembangunan di bidang kesehatan pada RPJMN tahun 2020 – 2024 diarahkan pada Peningkatan Pelayanan Kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta terutama penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar (Primary Health Care).

Kemudian dilakukan juga saat ini adalah mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi, dengan sasaran adalah meningkatnya mutu Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan agar masyarakat terlayani dengan baik.

Serta penguatan pelayanan kesehatan dasar kata Anang, tentunya tidak dapat dilepaskan dari peran Puskesmas sebagai salah satu Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam pembangunan kesehatan, khususnya dalam rangka mewujudkan kecamatan sehat dengan salah satu ciri masyarakatnya mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu.

Baca Juga :  Ciptakan Solo Berseri, Babinsa Danukusuman Gandeng Linmas & Warga Kerja Bakti

Untuk memperbaiki tata kelola di Puskesmas dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu, maka Kementerian Kesehatan sejak tahun 2015 telah menetapkan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai salah satu cara dalam memperbaiki tata kelola mutu pelayanan kesehatan secara bertahap dan berkesinambungan.

Untuk dapat mewujudkan tata kelola fasilitas pelayanan kesehatan dan tata kelola pelayanan malalui akreditasi puskesmas sehinggah kita juga berharap mendapat dukungan dari berbagai lintas program dan pemangku kepentingan lainnya termasuk Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dengan adanya TPCB di Dinas Kesehatan diharapkan mampu melakukan pembinaan secara bermutu sehingga dapat berperan dalam membantu puskesmas untuk memenuhi standar akreditasi yang pada gilirannya mewujudkan budaya mutu di Puskesmas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tutupnya.

Pada kesempatan ini Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu sekaligus Ketua Tim TPCB Aema La Rakaba,.Skm juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa semoga degan kehadiran kami di Puskesmas Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut dapat memberi spirit.

Apalagi Puskesmas Nggele pernah mendapt Akreditasi namun kita harus meningkatkan kinerja yang baik agar lebih baik lagi dan itu di lakukan degan saling kordinasi agar dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi, pintanya.

Kemudian Apt. Nurmalasari,.S.Fam Kepala Bidang Yankes sekaligus Anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu juga melalui sambutannya menyampaikan khsusnya di Puskesmas Nggele saya ingatkan bahwa dalam menjalankan tugas harus sungguh-sungguh karna pencapaian serta kesuksesan dalam menjalankan tugas degan baik namun hal itu semua kita kembali ke SDM masing-masing juga.

Kemudian Apt. Nurmalasari,.S.Fam juga menyampaikan berdasarkan Informasih bahwa di Pusekemas Nggele masih ada menjalankan tugas di luar Pusekemas hal itu tidak boleh di lakukan lagi kita harus banyak memneri edukasi pada masyarakat agar dapat di rawat di Puskesmas bukan di lakukan di luar, tegasnya.

Baca Juga :  Persiapan PON XXI 2024, Kapolda Sumut Dorong atlet Harumkan Sumut dan Indonesia

(Ketua Inveatigasi Wilayah Indonesia Timur **** La Omy La Tua).

Komentar