Kapolda Sumbar Lantik 229 Bintara Polri Gelombang I T.A 2024 Polda Sumbar

Berita, Daerah, Polri127 Dilihat

Kapolda Sumbar Lantik 229 Bintara Polri Gelombang I T.A 2024 Polda Sumbar

Mediainvestigasi.net–Sumbar – Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH melantik 229 Bintara Polri gelombang I T.A 2024 usai melaksanakan pendidikan pembentukan Bintara (Diktukba) di SPN Polda Sumbar.

Upacara pelantikan serta penutupan pendidikan Bintara Polri tersebut dilaksanakan di lapangan SPN Polda Sumbar, Kamis (11/7) pagi.

Sebagaimana diketahui, secara serentak hari ini berlangsungnya pelantikan Bintara dan Tamtama Polri yang dilaksanakan di SPN Polda se Indonesia, Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair.

Pada kesempatan tersebut, Irjen Pol Suharyono membacakan amanat Kepala Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si. yang mengucapkan selamat kepada para Bintara dan Tamtama remaja Polri atas capaian yang di raih pada hari ini.

“Saudara telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Gelombang I TA. 2024, dan menghantarkan saudara secara resmi dilantik menjadi anggota Polri pada hari ini, dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua dan Bhayangkara Dua Polisi,” ucap Kapolda Sumbar.

Dengan demikian lanjut Irjen Pol Suharyono, diri saudara telah melekat berbagai tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara.

“Oleh karena itu, saya berharap saudara dapat memberikan dedikasi terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Kapolda mengatakan, keberhasilan ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus senantiasa saudara syukuri, serta jawaban dari doa yang tulus para orang tua dan keluarga.

Pelantikan para Bintara Polri pada hari ini merupakan langkah awal serta perjalan panjang tugas dan kariernya sebagai anggota Polri.

“Oleh karena itu sejatinya tugas yang akan saudara hadapi seiring perkembangan kehidupan masyarakat akan semakin kompleks dan penuh tantangan,” sebutnya.

Baca Juga :  Persit KCK Kodim 0314/Inhil Berikan Bantuan Sosial ke Pondok Panti Lansia

Para Bintara dan Tamtama Polri ini akan menjadi garda terdepan pelaksanaan tugas Polri di lapangan yang akan berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya berharap saudara dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara peroleh selama mengikuti pendidikan. Terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas. Jangan pernah berhenti untuk belajar, berlatih, mengembangkan ilmu, dengan terus memperbanyak referensi dan literasi,” ujarnya.

Kapolda juga menyampaikan pesan dan penekanan dari Kalemdiklat Polri, untuk dipedomani dan saat melaksanakan tugas yakni menaga dan meningkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan spiritual dalam pelaksanaan tugas yang saudara emban.

“Jadikan pelaksanaan tugas saudara selaku anggota Polri sebagai sarana ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Kemudian, pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan Bhayangkara sejati.

“Laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tnggung jawab dan keikhlasan. Senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan Institusi,” jelasnya.

Selanjutnya, hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran Kode Etik Profesi Polri, maupun pelanggaran pidana.

“Jadilah panutan dan teladan dalam kehidupan bermasyarakat, dekati dan berikan pelayanan terbaik serta pemberi solusi dari permasalahan yang berkembang, mencegah berbagai potensi gangguan kamtibmas, agar semakin memperkuat citra positif Polri di mata masyarakat,” ungkapnya.

Tak lupa, agar menjalin persaudaraan dengan rekan-rekan TNI dan seluruh komponen bangsa, serta bangun komunikasi positif dengan seluruh elemen masyarakat guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Jadilah Polisi pembelajar dengan terus mengembangkan diri melalui peningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk menghadapi tantangan tugas yang terus berubah,” pungkasnya.

Baca Juga :  Hari Jadi Ke-72 Humas Polri Dirayakan Dengan Berbagi Air Bersih

Upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Sumbar atau yang mewakili, Pejabat Utama Polda Sumbar, para Kapolres, Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar beserta pengurus Bhayangkari, dan keluarga Bintara Polri yang baru dilantik.(Atri)

Komentar