Bupati Suhatri Bur Sebut, Program Budikdamber, Berikan Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Peningkatan Perekonomian Keluarga.

#ASN91 Dilihat

Bupati Suhatri Bur Sebut, Program Budikdamber, Berikan Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Peningkatan Perekonomian Keluarga.

Lubuk Pandan, MediaInvestigasi.Net – Untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi keluarga, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali alokasikan bantuan paket Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) kepada 300 keluarga se Padang Pariaman.

Paket bantuan yang diberikan berupa 1250 unit ember, 87500 ekor benih ikan lele, dan 2500 Kg Pakan ditambah 4 paket untuk masing-masing nagari dan keluarga penderita stunting.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang didampingi Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, pada Rabu (10/07), bertempat di Masjid Raya Nagari Lubuak Pandan Kecamatan 2×11 Enam Lingkung.

Turut hadir Kepala Dinas Perikanan Padang Pariaman Khairul Nizam, Camat bersama Ketua TP PKK, Wali Nagari dan Ketua PKK Nagari, serta seluruh anggota 10 Dasawisma berprestasi dan menjadi nominasi tingkat Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatan itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan bahwa bantuan ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada anggota Dasawisma yang berprestasi tingkat Kabupaten Padang Pariaman.

Program ini katanya, telah berjalan selama tiga tahun sejak tahun 2022. Diungkapkan Suhatri Bur bahwa bantuan Budikdamber ini salah satu upaya pemerintah daerah memberikan bantuan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Budidaya ikan dengan ember ini agar dapat memudahkan masyarakat dalam mengelolanya, tidak perlu lahan yang luas dan bisa dipindahkan.
Diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Semoga program ini dapat menurunkan angka stunting di Padang Pariaman,” harapnya.

Bupati Suhatri Bur mengajak, seluruh penerima program bantuan ini untuk bersyukur. Dia berpesan agar dipelihara dan dikembangkan, untuk cikal bakal dan pemicu semangat bagi ibu-ibu dalam membantu ekonomi keluarga.

Baca Juga :  Kunjungan Pengawas Kejati Babel, Program kerja pengawasan 2024

“Mari semua bersinergi, dengan lintas program seperti Kampung KB, program PKK, program OPD hingga ke nagari. Selamat ya, semoga dapat menambah kesehatan dan membantu ekonomi keluarga,” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam melaporkan, tahun 2022 paket bantuan kolam terpal, pakan dan benih ikan lele 253 paket. Sementara itu, tahun 2023 bantuan yang diberikan berupa kolam fiber, pakan dan benih ikan lele 166 paket.

“Bekerjasama dengan TP PKK Padang Pariaman, kita berikan Budikdamber untuk seluruh anggota Dasawisma yang berprestasi tingkat kabupaten,” terangnya.

Dijelaskan bahwa paket bantuan untuk penerima masing-masing akan mendapatkan 70 ekor lele. Dia menyebut, lele dapat dipanen dalam tiga bulan. Sehingga katanya, tiga bulan ke depan dengan program ini masyarakat yang mendapat bantuan ini sudah punya penghasilan.

“Program ini akan terus ditingkatkan setiap tahunnya,” tutupnya.

***Rafdy G

Komentar