Saat Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445H, Bupati Suhatri Bur Berterimakasih atas Kerjasama dan Dukungan Semua Dalam Membangun Padang Pariaman

Uncategorized111 Dilihat

Saat Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445H, Bupati Suhatri Bur Berterimakasih atas Kerjasama dan Dukungan Semua Dalam Membangun Padang Pariaman

Parit Malintang. MediaInvestigasi.Net – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Sholat hari raya Idul Adha 1445 H /2024, yang digelar di Mesjid Raya Padang Pariaman di Parit Malintang pada Senin, 17/6/24.

Dalam sambutannya, Suhatri Bur menyebutkan. Hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi kita semua, dimana kita memperingati peristiwa besar dalam sejarah umat manusia, yaitu pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan ketaatan Nabi Ismail AS.

“Peristiwa ini mengajarkan kita tentang arti keikhlasan, ketaatan, dan pengorbanan yang sesungguhnya kepada Allah SWT” Sebutnya.

Selanjutnya Suhatri Bur ingin mengajak jemaah untuk memaknai ibadah qurban yang kita laksanakan. Menurutnya qurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan, tetapi juga sebagai simbol pengorbanan kita dalam menjalankan perintah Allah SWT dan bentuk kepedulian sosial kepada sesama.

“Marilah kita jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan, sehingga semua dapat merasakan nikmatnya hari raya” Sebutnya sambil membacakan kalimat takbiran.

Pada kesempatan yang sama Suhatri Bur menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama dan dukungan dari seluruh masyarakat dalam berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan.

Dia berharap semangat gotong royong dan kebersamaan ini akan terus tumbuh dan berkembang, sehingga kedepannya kita dapat untuk terus mewujudkan Padang Pariaman Cermat ( Padang Pariaman Cerdas, Religius, Maju dan Berkelanjutan).

Dirinya juga menyinggung tentang pencapaian program pembangunan Padangpariaman dalam rentang lima tahun terakhir berlangsung menggembirakan.

Sebut saja misalnya kata Suhatri Bur yang akrab disapa Aciak ini, upaya pemerintah Kabupaten Padangpariaman dalam menekan angka pengangguran terbuka,. Meski berjalan secara berfluktuatif namun secara umum hasilnya cukup menggembirakan. Sebelum pandemi Covid-19 tahun 2019 , tingkat angka pengangguran di Kabupaten Padang Pariaman mencapai nilai 6,08 dengan jumlah pencari kerja hanya sebesar 8.522 jiwa.

Baca Juga :  Kodim Boyolali Gelar Upacara Bendera dan Ziarah Nasional Peringati Jasa Para Pahlawan

Tingkat Pengangguran terbuka tersebut selanjutnya mengalami kenaikan yang sangat drastis pada masa pandemi yaitu sebesar 8,13 (2020) dan 8,41 (2021). Namun demikian pada tahun 2022 , tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan yang sangat signifikan menjadi 6,6, dan berikutnya sedikit mengalami kenaikan menjadi 6,69 pada tahun 2023.

Bupati juga menjelaskan bahwa menjelang masa akhir pemerintahannya seluruh target yang tertuang dalam RPJMD diharapkan akan tercapai seperti diharapkan.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur juga menjelaskan, pencapaian bidang ekonomi juga sangat menggembirakan. Terbukti, selama 2 tahun berturut turut Padang Pariaman mencatatkan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera Barat yaitu 6,87% (2022) dan 5,46 % (2023), atau berada diatas rata-rata laju pertumbuhan ekonomi provinsi Sumatera Barat yang. Berkisar sebesar 5,04% (2023).

Menurutnya, sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman adalah sektor Pertanian, Perikanan, demikian pula sektor peternakan yang menyumbang sebesar 20,55% selanjutnya diikuti Pergudangan 11,92 % dan Sektor Pengolahan 10,48% serta berbagi sektor lainnya di bawah 10% seperti Kontruksi, Jasa dan industri.

“Ini jelas menunjukkan bahwa pembangunan Padang Pariaman berada di rel atau track yang benar, “ungkapnya.

Sebelumnya Suhatri Bur mengikuti kegiatan malam takbiran hari raya Idul Adha di masjid Al Jihad Kabun nagari Pauh Kamba pada Minggu 16/6/24 yang juga dihadiri oleh sekretaris Daerah, Kapolres Padang Pariaman dan kakan kemenag dan kepal Perangkat Daerah

***Rafdy G

Komentar