Polres Tapteng Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Polri104 Dilihat

Polres Tapteng Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Tapteng, MediaInvestigasi.Net – Polres Tapanuli Tengah laksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan apel Mapolres Tapteng, Sabtu (1/6/2024) pukul 08.00 Wib.

Upacara tersebut dipimpin oleh Waka Polres Tapteng Kompol Kamaluddin Nababan, S.H., bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang dihdiri oleh Pejabat Utama Polres Tapteng, Para Perwira, Bintara dan ASN.

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2024 yakni “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”

Wakapolres Tapteng Kompol Kamaluddin Nababan, S.H., dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. sehingga di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat Republik Indonesia.

Setelah pelaksanaan upacara hari lahir Pancasila, Wakapolres mengatakan bahwa pelaksanaan upacara setiap tahun di gelar untuk memperingati nilai –nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sekaligus dasar negara yang diterangkan dalam Pembukaan UUD 1945.

Sumber : Humas Polres Tapteng
*BY.JONNI SIHOMBING*

Baca Juga :  Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP Gabriellah A. Gultom, S.I.K., M.H., Pimpin Pengecekan Tempat Kejadian Perkara (TKP)

Komentar