Pelatihan Dasar Pencegahan Kebakaran, Sekdakab Tapteng Diharapkan Peran Serta Masyarakat Di Wilayah Masing-Masing.

#ASN107 Dilihat

Pelatihan Dasar Pencegahan Kebakaran, Sekdakab Tapteng Diharapkan Peran Serta Masyarakat Di Wilayah Masing-Masing.

SARUDIK, MediaInvestigasi.Net – Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Sekdakab Tapteng), Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP., M.M., dengan resmi membuka Pelatihan Dasar dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Kebakaran Tahun 2024 se-Kabupaten Tapteng dipusatkan di Halaman Kantor Camat Sarudik, Selasa (9/7/2024).

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP., M.M., dalam sambutannya, Pelatihan pencegahan kebakaran yang terstruktur memberikan pengetahuan dan ketrampilan yang sangat dibutuhkan masyarakat Desa/ Kelurahan. Pelatihan ini mencakup topik-topik penting seperti mengidentifikasi bahaya kebakaran, menggunakan alat pemadam api, dan melakukan evakuasi yang aman. “Dengan membekali masyarakat dengan keterampilan ini, mereka dapat merespon dengan cepat apabila terjadi kebakaran dengan lebih efektif dan mencegahnya agar tidak menyebar.”

Selanjutnya Pj Sekdakab Tapteng mengatakan, Keterlibatan masyarakat sangat penting untuk keberhasilan upaya pencegahan kebakaran. Desa-desa dapat membentuk kelompok masyarakat yang bertanggung jawab untuk mempromosikan kesadaran kebakaran, melakukan patroli, dan memberikan tanggapan awal terhadap kebakaran. “Pemberdayaan masyarakat ini menciptakan rasa memiliki dan mendorong mereka untuk mengambil tanggung jawab atas keselamatan mereka sendiri.”

Pelatihan dan kesadaran masyarakat tentang pencegahan kebakaran di Desa/Kelurahan menjadi sangat penting untuk mengurangi risiko kebakaran yang dapat mengancam keselamatan warga. Mendidik warga tentang cara-cara aman menangani api dan listrik dapat menjadi langkah awal yang efektif dalam mencegah terjadinya musibah kebakaran.

Diakhir sambutannya Pj Sekdakab Tapteng berharap dengan adanya kegiatan ini, para peserta mendapatkan pemahaman tentang Pencegahan Kebakaran dan mengetahui bagaimana tindakan pertama dalam penanganan kebakaran dengan Peran aktif masyarakat di wilayah masing masing.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Bappeda Tapteng Anton Sujarwo, S.STP., M.M., Kepala Satpol PP Tapteng, Wi Chandri Limbong, S.T, M.M., mewakili Camat Sarudik.

Baca Juga :  Ulang Tahun Kabupaten Seluma Yang Ke 21 Menggelar Lomba Melalui Dinas Pendidikan Seluma.

*BY.JONNI SIHOMBING*

Komentar