Pastikan Polisi RW beraksi, Kapolda Riau datangi Daerah Terluar

Berita, Daerah, Polri957 Dilihat

 

Pekanbaru , Mediainvestigasi.Net- Pasca launching program Polisi RW di seluruh jajaran Polda Riau secara serentak pada Rabu (14/06/2023) kemaren, Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal langsung turun kelapangan melakukan pengecekan ke Pos-pos Polisi RW yang ada di Daerah Terluar

Salah satunya ke Pos Polisi RW 002 Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (15/06/2023) siang, sekitar 12.30 Wib.

Dalam kunjungan tersebut Kapolda Riau, menyempatkan berdialog dengan Polisi RW 002 Desa Gogok AIPTU Sutiman serta masyarakat setempat.

Dalam dialog tersebut berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh Kapolda Riau terkait fungsi dan tugas Polisi RW. Salah satunya Kapolda menanyakan apa tujuan dari Polisi RW, kemudian apa yang menjadi Problem Solving di lingkungan RW setempat.

“Lalu yang ketiga kegiatan apa saja yang pernah dilakukan oleh Polisi RW 002 ini,” tanya Kapolda Riau.

Lalu dijawab oleh AIPTU Sutiman, dengan adanya Polisi RW yang akan hadir di tengah-tengah masyarakat guna meningkatkan pelayanan keamanan di masyarakat, Polisi RW dalam hal ini harus memiliki pengetahuan dalam menerapkan prinsip Community Policing, Restorative Justice, dan Akuntabilitas, serta momen pemilu semakin dekat Polri akan selalu menciptakan situasi Khamtibmas yang Aman dan damai di lingkungan masyarakat.

“Kemudian yang kedua Jendral, Problem Solving di lingkungan RW setempat yang pernah terjadi seperti perkelahian antar remaja, dengan hal ini Polisi RW dan RW 002 Desa Gogok setempat sudah menyelesaikan dengan secara kekeluargaan Jendral.

Kemudian, lanjut AIPTU Sutiman, kegiatan apa saja yang pernah dilakukan oleh Polisi RW dan RW 002 setempat.

“Izin menjawab Jendral kegiatan yang pernah dilakukan oleh Polisi RW dan RW 002 yaitu kegiatan Gotong Royong membersihkan selokan-selokan atau parit yang membuat tersumbat aliran air pembungan,” kata AIPTU Sutisman.

Baca Juga :  HM Ali Yusuf Siregar dan Kapolresta Deli Serdang Berikan Bantuan Sembako Pada Warga Yang Terkena Musibah Banjir

Mendengar hal tersebut Kapolda Riau langsung memberi apresiasi kepada anggotanya tersebut.

“Bagus ini yang menjadi tujuan di bentuknya Polisi RW, saya minta kamu pertahankan dan tinggkatkan lagi,” kata Kapolda Riau.

Sementara kepada wartawan Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, kedatangan dirinya bertujuan untuk mengecek keberadaan Pos Polisi RW serta melaksanakan dialog dengan Masyarakat RW 002 Desa Gogok Darussalam.

“Ini bukti bentuk keseriusan Polda Riau dalam merespon, menanggapi, permasalahan yang berada ditengah-tengah masyarakat serta Polisi RW merupakan program yang bertujuan dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban dilingkup wilayah terkecil dalam bidang Harkamtibmas,” kata Kapolda Riau usai acara.

Dalam pengecekan tersebut Kapolda Riau juga meresmikan penggunaan lapangan tembak Bhara Daksa Polres Kepulauan Meranti, di jalan Lintas Gogok Darusalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Nama lapangan tembak tersebut diambil dari nama Bhara Daksa (Bhayangkara dan Daksa) yang merupakan angkatan Akpol 1991 dan menjadi angkatan istimewa.

Salah satu lulusannya kini berpangkat Kapolri yakni Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga bagian dari bataliyon Bhara Daksa yang menjabat
sebagai ketua alumni Akpol 1991.

Pembangunan lapangan tembak Bhara Daksa ini tidak terlepas dari peranan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul yang dianggap mampu melakukan komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam membuat beberapa terobosan pembangunan fasilitas di Makopolres.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam sambutannya memuji kepiawaian Kapolres AKBP Andi Yul dengan segala keterbatasan bisa mempersembahkan berbagai inovasi termasuk pembangunan lapangan tembak oleh Pemkab Kepulauan Meranti.

“Menyinggung tentang Kapolres Kepulauan Meranti, ditengah keterbatasan ditengah jauhnya hiruk-pikuk kota, jangankan ke Jakarta ke Pekanbaru saja jauh. Tapi dengan segala potensi yang ada dan dengan segala perjuangan dan semangat yang ada pada diri Kapolres, dia dapat mempersembahkan sebuah legasi yang baik, legasi yang sangat luar biasa bukan hanya lapangan tembak ini, tapi saya dengar banyak sekali ada lapangan tembak, pos penjagaan dan lain sebagainya. Kali ini saya dengan jujur mengatakan Kapolres Meranti is the best,” kata Kapolda Riau.

Baca Juga :  Sekda Pulau Taliabu, Dr Salim Ganiru Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 PGRI dan HGN 2023 Di Halaman Dinas Kabupaten Pulau Taliabu

Sebelum melakukan peresmian lapangan tembak, Kapolda bersama istrinya Nindya serta sejumlah Pejabat Utama Polda Riau melakukan penanaman pohon Ketapang Kencana Varigata dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

Sebelum rangkaian pengecekan Pos-pos Polisi RW, Kapolda Riau beserta rombongan juga melakukan kunjungan Silaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Fikri Selatpanjang.

Kedatangan Kapolda beserta rombongan di ponpes ini disambut dengan iringan sholawat oleh para santri dan santriwati

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan hangat dari keluarga besar ponpes Darul Fikri.

“Kunjungan ini merupakan kali kedua kami disini. Kami berpesan kepada santri dan santriwati untuk semangat dalam belajar guna mengejar cita-cita yang diinginkan,” pesannya.

Kapolda juga mengatakan bahwa dirinya merasa sangat senang berada di tengah-tengah para santri dan santriwati ponpes Darul Fikri tersebut.

“Saya berharap lembaga pendidikan agama ini terus maju dan berkembang. Sehingga dapat menciptakan santri soleh dan solehah yang berkarakter Islami, bermanfaat dalam menciptakan generasi yang berakhlak untuk kemajuan bangsa kita,” ucap Irjen M Iqbal.

Usai acara, Kapolda bersama Ketua Bhayangkari Daerah Riau Ny Nindya Iqbal memberikan bantuan dan bingkisan kepada ponpes Darul Fikri. Pertemuan ditutup dengan peninjauan pembangunan masjid di Ponpes Darul Fikri Selatpanjang tersebut.(Mhd)

KAPERWIL Riau Muhammad

selamat hari pres nasional

Komentar