Kabupaten Pulau Taliabu Di Terjang Hujan Deras Setegah Jam Sejumlah Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Di Kota Bobong Tergenang Air

Berita, Daerah, Peristiwa1652 Dilihat

 

Taliabu Malulu Utata, Investigasi.net, Bobong ibu Kota Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara Akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada selasa (13/6/2023) siang hinggah malam hari ini menyebabkan beberapa ruas jalan dan rumah warga dalam Ibu Kota Bobong Kabupaten Pulau Taliabu dan sekitarnya tergenang air.

Berdasarkan pantauan Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu Gafarudin La Ane dan timnya di sejumlah titik, mengatakan bahwa terjadinya genangan air pada ruas jalan tersebut dikarenakan saluran drainase yg ada tidak mampu menampung luapan air akibat derasnya hujan.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa intensitas curah hujan yang terjadi dari siang hingga malam hari cukup tinggi. sehinggah hal tersebut menyebabkan beberapa saluran drainase meluap hingga ke badan jalan yang menyebabkan genangan air, kata.
Gafarudin La Ane Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD)
Selasa, 13/6/2023

Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Gafarudin La Ane juga
menyebutkan berdasarkan hasil pantauan mendapatkan ada sejumlah lima ruas jalan yang tergenang air dengan ketinggian 2cm hingga 4 cm.

ÔÇťAkibat derasnya hujan tersebut, ada delapan titik yang tergenang air seperti di Jalan menjuju Kantor PLN, Jalan Menuju pelabuhan kota Bobong, jalur II depan kantor Kejaksaan Negri Pulau Taliabu, Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu Komplex perumahan Desa Wayo, Jalan wangahu, Jalan areal Kantor BPJS jalan lorong lapangan sepak bola kota Bobong, tutur. Gafarudin La Ane.

Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu Gafarudin La Ane juga menyampaikan bahwa meluapnya saluran drainase tersebut mengakibatkan air masuk ke beberapa rumah warga dan sejumlah 5 ruas jalan yang tergenang air dengan ketinggian 2cm hingga 4 cm akibat beberapa saluran drainase meluap hingga ke badan jalan yang menyebabkan genangan air, ungkapnya.

Baca Juga :  Di Mako Brimob Polda Sumbar, Kapolda hadiri Syukuran HUT Brimob Polri ke 77

Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu Gafarudin La Ane juga berpesan agar warga di Kota Bobong dan sekitarnya selalu waspada terutama yang melakukan aktivitasnya dengan menggunakan kendaraan agar selalu berhati-hati dalam berkendara.

Gafarudin La Ane berpesan pada warga yang mengnakan jalan agar selalalu waspada karena diperkirakan beberapa hari ke depan akan terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, khususnya bagi pengendara baik Kendaraan Roda Dua serta Kendaraan Roda Tiga DLL,

Agar waspada mengingat saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi lagi maka bisa saja beberapa ruas jalan kembali digenangi air lagi dan hal tersebut sangat membahayakan bagi pengendara.

Kepada Media Investigasi.net Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu Gafarudin La Ane juga mengatakan bahwa yang terkena dampak tak hanya sejumlah rumah warga yang lain serta sejumlah ruas jalan yang tergenang air namun rumahnya sendiri juga tergenang air.

Hal itu di katahui saat sepulangnya dari melakukan pantauan di sejumlah titik di dalam Ibu Kota Bobong ternyata rumah kediamannya sendiri jadi sasaran banjir tutupnya.

(Ketua Investigasi Wilayah Indonesia Timur **** La Omy La Tua).

Komentar