Desa Wayo Kecamatan Taliabu Barat Wakili Kabupaten Pulau Taliabu Pada Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Utara

Berita, Daerah, Politik915 Dilihat

 

Taliabu Maluku Utara,Investigasi.net, Sekertaris Daerah (Sekda) Dr.Salim Ganiru mewakili Bupati Kabupaten Pulau Taliabu bersama Ketua PKK Kabupaten Pulau Taliabu Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus bersma sejumlah OPD Kabupaten Pulau Taliabu melakukan penjemputan Adat pada tim penilai lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Utara bertempat di pelabuhan bobong

Adapun Rombongan Tim Penilai Lomba 10 Program PKK Yang di Jemput Secara Adat Yakni :

1). Syamsudin Banyo (Kadis PMD Provinsi Malut).

2). Ny. Darmawati Samsuddin (Pendamping PKK).

3). Dra. Hairiah M.Si (Sekretaris PKK).

4). Masni, BSA, MM (Pokja 1).

5). Ir. Nurlela Nachrawy (Pokja 2).

6). Reni Wahid, SP (Pokja 3).

7). Dra.Yun Abubakar (Pokja 4).

Dimana Sekertaris Daerah (Sekda) Dr.Salim Ganiru mewakili Bupati Kabupaten Pulau Taliabu bersama Ketua TP PKK Kabupaten Pulau Taliabu Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus bersma sejumlah OPD Kabupaten Pulau Taliabu sekaligus menghadiri acara penilaian lomba 10 Program pokok PKK tingkat Provinsi Maluku Utara yang dipusatkan di Desa Wayo Kecamatan Taliabu Barat Bobong, Jum’at. (17/06/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri, langsung Unsur Trpika dan Sejumlah OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu :

1). Drs. Salim Ganiru (Sekda Kabupaten Pulau Taliabu).

2). Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus (Katua PKK Kabupaten Pulau Taliabu).

3). M. Sukur Boereo Asisten I Setda Kabupaten Pulau Taliabu).

4). Kompol. Aziz Ibrahim Muamar, SH (Waka Polres Pulau Taliabu).

5). Pelda Bactiar Umasugi (Perwakilan Danramil Bobong 1510/Kodim Sula)

6). Hj. Citra Puspa Sari Mus., (Kadis Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu).

7). Kuaraisia Marsaoly,.S.Ag. (Kadis Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu).

8). Serta Sejumlah Pimpinan OPD lainya (Se Kabupaten Pulau Taliabu).

9). Camat Taliabu Barat

10). Tokoh agama,

11). Tokoh masyarakat.

12). Tokoh Pemuda.

13). Para Ibu PKK Desa Wayo +- 50 orang.

Ketua Tim PKK Kabupaten Pulau Taliabu, Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus
melalui sambutannya menyampaikan bahwa sebelumnya saya ingin sampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh tim penilai Lomba.

Yang sudah jauh-jauh datang untuk menilai kami sebagai desa yang menjadi perwakilan Kabupaten Pulau Taliabu pada lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Propinsi Maluku Utara tahun 2023.

Baca Juga :  Heboh TPPO Bandar Lampung, Ini Peran PPWI Lampung Timur Cs Bantu Polda Bongkar Kasus TPPO

Yang mana Lomba 10 Program PKK merupakan agenda tahunan yang tidak lepas dari keikutsertaan Kabupaten Pulau Taliabu sebagai salah satu peserta lomba di Propinsi Maluku Utara.

Selain itu Kabupaten Pulau Taliabu adalah Kabupaten yang sangat jauh dari propinsi Maluku Utara, akan tetapi hal ini bukan penghalang buat kami untuk mengikuti setiap lomba yang diselenggarakan oleh Propinsi.

Seperti kata bijak ” Raihlah Prestasi karena ia tidak mendatangimu, tetapi engkau yang harus menjemputnya” Dengan motivasi itu kami Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulau Taliabu terus berupaya melakukan yang terbaik untuk negeri kami yang tercinta Hemungsia Sia Dufu

Tahun ini PKK Kabupaten Pulau
Taliabu mengikuti seluruh mata lomba yang dilaksanakan, In Sha Allah dalam penilaian tahun ini Taliabu bisa memperolah hasil yang terbaik dari tahun-tahun kemarin.

Dalam kesempatan ini pula saya
selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulau Taliabu mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya karena tahun ini Kabupaten Pulau Taliabu diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah dalam penyelenggraan Hari Gerak PKK ke 51 tingkat Maluku Utara, dan saya menyatakan kami siap menjadi Tuan Rumah, tutur. Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus

Pada sambutan Bupati yang diwakili langsung oleh Sekda Kabupaten Pulau Taliabu Dr. Salim Ganiru, menyampaikan pula pada kesempatan kali ini kami mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Tim penggerak PKK Provinsi Maluku Utara bersama rombongan yang telah berkenaan datang di kabupaten pulau taliabu.

Selanjutnya ucapan terimakasih dan apresiasi saya sampaikan kepada tim penggerak PKK Kabupaten Pulau Taliabu bersama pihak terkait dalam hal ini dinas pemberdayaan masyarakat dan desa hingga pemerintah desa yang telah mendukung gerakan PKK
ini.

Alhamdulillah Tim Penggerak PKK di Kabupaten Pulau Taliabu, termasuk di Desa Wayo Kecamatan Taliabu Barat sangat berperan aktif baik itu tim PKK, OPD, serta semua masyarakat dalam menjalankan kegiatan ini.

Tim penggerak PKK bersama masyarakat di desa-desa maupun di kabupaten tampak bersinergi dalam menjalankan mensejahterakan keluarga yang ada di tengah masyarakat, menurut kami itu merupakan wujud kerja keras demi mencapai hasil yang maksimal dan semoga kita bisa mewujudkan visi dan misi Kabupaten Pulau Taliabu yang lebih baik dan bermartabat melalui kegiatan gerakan PKK ini.

Baca Juga :  Jum'at Curhat, Upaya Polres Lambar Pelihara Kamtibmas yang Kondusif

Melalui peran serta PKK dalam mewujudkan visi dan misi kabupaten pulau taliabu yang salah satunya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, saya ingin menghimbau seluruh tim penggerak PKK yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu.

Khususnya yang ada pada saat ini di Kecamatan Taliabu Barat serta Pemerintah Desa dan Masrayakat, untuk mari bersama-sama kita tuntaskan masalah stunting yang merupakan kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehiduapan anak, yang merupakan agenda prioritas
nasional

Yang dilaksanakan oleh sekretariat wakil presiden republik indonesia. Penilaian ini sebagai evaluasi terhadap program-program kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini, jangan gampang merasa puas dan marilah kita selalu berpacu agar menjadi yang lebih baik.

Harapan semua Masyarakat kepada tim PKK Provinsi, terkhusus tim penilai lomba 10 program pkk tingkat provinsi semoga dapat memberikan penilaian yang terbaik sehingga dapat memotivasi tim pengurus PKK Kabupaten Pulau Taliabu untuk kedepan, kata. Dr. Salim Ganiru.

Kemudian sambutan Ketua Tim Penilai PKK Provinsi Maluku Utara yang diwakili langsung oleh Pendamping PKK, Darmawati Samsuddin juga menyampaikan pada kesempatan yang baik ini menyampaikan ucapan terima kasih dan Apresiasi terhadap jajaran Tim Penggerak PKK yang telah berupaya menerapkan 10 Program Pokok PKK di setiap jenjang Kehidupan.

Begitu juga ucapan Selamat serta penghargaan kepada Tim Penggerak PKK dan Seluruh Masyarakat Desa Wayo yang telah bekerja keras, bergotong royong bergandeng tangan bersama masyarakat dan Pemerintah desa, dalammendukung program pemerintah dan mempersembahkan Desa ini untuk mengikuti lomba 10 program pokok PKK sehingga mendapat juara 1 Tingkat Kabupaten untuk mengikuti lomba pada tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2023.

Semoga pada kegiatan lomba hari ini Tim Penggerak PKK dan seluruh masyarakat Desa Wayo dapat meraih juara terbaik di Tingkat Provinsi Maluku Utara.

Harapan saya, keberhasilan ini tidak membuat kita berhenti sampai disini, yaitu hanya sampai pada saat mengikuti lomba tingkat Provinsi, namun jauh setelah ini, diharapkan agar Desa Wayo tetap terawat, dan dijaga keindahannya, serta para kadernya agar lebih semangat lagi dalam melaksanakan egiatan- kegiatan PKK sebagimana yang telah tersusun dalam Program-program PKK desa ini.

Baca Juga :  Sampai malam ini jasad saari belum di temukan

Lomba ini pada Hakekatnya merupakan suatu usaha untuk mendorong pemberdayaan kepada anggotanya, dan mendorong terciptanya kesejahteraan bagi keluarga dalam rangka mewujudkan masyarakat maju dan mandiri. Melalui lomba 10 program pokok PKK adalah momentum yang tepat untuk mengukur keberhasilan program-program PKK yang telah dilaksanakan setiap Pokja.

Bahwa gerakan PKK selama ini telah turut andil membantu memberdayakan keluarga dalam upaya mencapai kesejahteraan keluarga. Hal ini sangat sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam bentuk kegiatan misalnya dalam hal Penurunan Angka Stunting, Penanganan Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga, masalah Trafficking, masalah Ekonomi Keluarga, Pendidikan, Pemanfaatan Halaman pekarangan keluarga dan memenuhi kebutuhan gizi serta pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga.

Memperhatikan posisi dan peran strategis Gerakan PKK seperti itu, maka Tim Penggerak PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan pemerintah, sasaran pencapain Program pemerintah perlu kita dorong melalui peran nyata Gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera.

Tim Penggerak PKK untuk selalu memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasawisma.

Sebelum saya akhiri sambutan, ijinkan menyampaikan terima Kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK dan Para Kadernya yang telah bekerja keras, demi peningkatan kualitas bangsa melalui upaya- upaya memberdayakan dan dalam mensejahterakan keluarga.

Semoga daya dan upaya yang telah diberikan senantiasa mendapatkan limpahan pahala dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih. Kepada Tim Penilai, agar dapat melaksanakan penilaian secara obyektif se-objektif mungkin, sesuai kriteria penilaian yang sudah ditetapkan

Akhirnya saya menyampaikan “Lomba ini jangan dilihat dari aspek kompetensinya saja, lebih dari itu mari menjadikannya sebagai bahan evaluasi agar 10 Program Pokok PKK bisa berjalan maksimal dalam jangka Panjang ” Selamat mengikuti lomba, semoga dapat meraih juara terbaik di tingkat Propinsi Maluku Utara, tutup. Darmawati Samsuddin

(Ketua Investigasi Wulayah Indonesia Timur **** La Omy La Tua Melaporkan).

Komentar