Sambut HUT Bhayangkara, Kapolda Sumut tanamkan Tradisi pengambilan air suci sebagai Pemulian Nilai Tribrata

Berita, Daerah, Polri2394 Dilihat

 

Medan – Mediainvestigasi.Net–Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R.Z. Panca Putra S,M.Si berangkatkan tim pengambilan air suci di 3 lokasi dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 77 yang di laksanakan di lapangan K.S . Tubun Mapolda Sumut. Senin (12/06/23)

Tim pengambil air suci ini terdiri dari personil gabungan Brimob, Samapta, Polair dan Lalu lintas. 3 lokasi pengambilan air suci yaitu di sumber mata air Situs Benteng Putri Hijau yang terletak di Deli Tua, Kecamatan Namorambe, Lau Kawar di Desa Kutagigung, Kabupaten Karo dan Aek Sipangolu di Desa Simangulampe, Kecamatan Humbahas.

Pengambilan air suci akan di lakukan langsung di sumber utama air mengalir dengan melalui prosesi adat yang berlaku di masing – masing daerah sebagai bentuk penghormatan terhadap kearifan lokal yang berlaku.

Dalam amanatnya sebelum memberangkatkan tim pengambilan air suci, “Kapolda Sumut menyampaikan harapannya, dengan giat ini dapat menambah kecintaan kita terhadap negara Indonesia, memelihara rasa kesatuan dan persatuan, menumbuhkan kebanggan terhadap Polri.”

Nantinya air suci ini akan di gunakan untuk pemuliaan nilai – nilai Tribrata dengan mensucikan panji – panji Polri Tribrata yang akan di laksanakan pada 21 juni mendatang dengan menggunakan air suci dari 34 Polda.
Tidak hanya itu nantinya Polda Sumut juga akan melaksanakan pensucian pataka Polda Sumur Satya Bhakti Jaya yang merupakan lambang kesatuan yang bersifat sakral karena di dalamnya mengandung simbol yang memiliki arti dan makna yang mencerminkan nilai patriotisme dan jati diri Bhayangkara Polda Sumut.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakapolda Sumut, Purnawirawan Polri, PJU Polda Sumut dan Bhayangkari Polda Sumut(Ezl)

selamat hari pres nasional
Baca Juga :  Kapolda Bengkulu Pimpin Upacara Peringatan Hut Brimob ke -78

Komentar