Pembangunan Jalan Dan Jembatan Penghubung Nias Utara-Nias Barat Akan Selesai Tahun Ini

Pembangunan Jalan Dan Jembatan Penghubung Nias Utara-Nias Barat Akan Selesai Tahun Ini

MediaInvestigasi.net, Kep. Nias— Pembangunan Jalan Nasional dari Kabupaten Nias Utara menuju kabupaten Nias Barat dipastikan akan selesai tahun ini, sehingga berdampak pada peningkatan perputaran ekonomi masyarakat. perkembangan yang sangat signifikan ini merupakan hasil kerja keras dari pimpinan Daerah kabupaten Nias Utara saat ini Bupati Amizaro Waruwu dan wakil Bupati Yusman Zega.

Keterlibatan yang kuat dari pemerintah dalam memajukan sektor ini telah menjadi kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dalam beberapa tahun terakhir ini, serangkaian proyek infrastruktur jalan dan jembatan telah diluncurkan oleh kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara.

Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah III Provinsi Sumatera Utara, menciptakan dampak positif pada berbagai aspek kehidupan ekonomi masyarakat.

Ketika di konfirmasi Fery Hermando kepala Operasi lapangan Rabu, (10/07/2024), menjelaskan “pembangunan ini dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah III Provinsi Sumatera Utara, yang bersumber dari APBN dengan anggaran Rp.321 milyaran lebih, Tahun Anggaran 2023-2024. penyedia jasa: Jaya Kontruksi TPJ KSD” Terangnya.

“Selanjutnya kendala yang dihadapi oleh penyedia jasa selama ini adalah awalnya pembukaan badan jalan dan mobilisasi bahan material yang cukup jauh dari lokasi, walaupun demikian kita tetap upayakan untuk menyelesaikan pekerjaan ini pada waktu yang sudah di tentukan akhir tahun 2024 ini “ucap Fery.

“Selain infrastruktur jalan pada pekerjaan ini, Fery mejelaskan bahwa infrastruktur jalan ini ada ± 24 Km, dan ada 6 unit jembatan tapi karena jembatan masih proses maka pekerjaan ini ada dari Sirombu Nias Barat dan ada dari afulu Nias Utara.

Baca Juga :  Koperwil Riau Media Investigasi.Net Abang Muhammad Daftar sebagai Calon Wakil Bupati Inhil di Partai Demokrat Inhil

Sebagai salah satu contoh kinerja pemerintah saat ini adalah pembangunan infrastruktur yang menjadi perhatian publik yakni pembangunan Jalan Kecamatan Alasa – Faekhuna’a kecamatan Afulu Tahun Anggaran 2023 ± 14 Km, Proyek infrastruktur
Ruas Jalan Provinsi dari desa Ombolata Afulu -Faekhuna’a, dan ruas jalan Dari Lahewa Timur -Alasa, sudah selesai tahun 2023, Ada beberapa lagi proyek-proyek strategis selain pembukaan akses jalan ke daerah-daerah terpencil, Kehadiran infrastruktur ini tidak hanya memperlancar mobilitas penduduk, tetapi juga mengurangi biaya logistik, membuka peluang investasi baru, memperkuat konektivitas antar wilayah.

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu ketika di konfirmasi, menyampaikan kita sebagai pimpinan Daerah menunjukkan bahwa penyelesaian proyek-proyek infrastruktur ini telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, akses yang lebih baik ke pusat-pusat ekonomi meningkatkan daya saing daerah, mengundang investasi sektor swasta, dan menciptakan lapangan kerja baru, pembangunan infrastruktur tidak hanya berdampak pada sektor transportasi, tetapi juga pada sektor-sektor lainnya termasuk memperhatikan Investasi sektor swasta “.

“Selain memberikan dampak ekonomi, pembangunan infrastruktur memberikan dampak positif pada aspek sosial dan pembangunan manusia, pembangunan sekolah, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, sehingga merupakan akses yang lebih baik terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan telah menciptakan fondasi yang lebih kokoh untuk pembangunan manusia.

Rusman Zalukhu, SE. Pj Kades Faekhuna’a kecamatan Afulu ketika di konfirmasi tentang adanya pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan Nias Utara-Nias Barat menyampaikan bahwa kita sangat mendukung dan berterima kasih kepada pemerintah baik pusat, provinsi dan terlebih-lebih kepada pemerintah daerah kabupaten Nias Utara saat ini, sehingga kerinduan masyarakat selama ini telah terjawab” (Kaperwil Kep. Nias/Wira Zalukhu).

Baca Juga :  34 Bangunan Semi Permanen Di Grogol Petamburan Rusak Akibat Angin Puting Beliung, Polsek Tanjung Duren Terjun Beri Bantuan

Komentar