Ketua Muslimat NU dan Ketua TP PKK Kabupaten Pulau Taliabu Sambut Harlah NU 101 dan Muslimat NU Ke 78

Berita, Daerah, Politik247 Dilihat

Ketua Muslimat NU dan Ketua TP PKK Kabupaten Pulau Taliabu Sambut Harlah NU 101 dan Muslimat NU Ke 78

Taliabu Maluku Utara, MediaInvestigasi.Net Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu Domini Lajawara, S. PdI., bersama Ketua TP PKK Kabupaten Pulau Taliabu Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus, setelah menghadiri Pelantikan Muslimat NU Provinsi Maluku Utara yang di hadiri langsung oleh Ketua Muslimat NU Pusat Dr. Hj. Khofifah Indarparawangsa, dipusatkan di Kota Ternate pada tanggal 12 Januari 2024 beberapa waktu yang lalu.

Dimana Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu Domini Lajawara, S. PdI., bersama Ketua TP PKK Kabupaten Pulau Taliabu Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus, kembali menghadiri Harlah Ke 101 NU dan Harlah Ke 78 Muslimat NU yang mana Ini adalah merupakan kesempatan pertama setelah saya ditunjuk menjadi Ketua muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu, dan saya mengikuti semua arahan Ketua Wilayah Dr. Rosita Alting, M.Ag., “tuturnya.

Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu Domini Lajawara juga menyampaikan, bahwa dirinya selalu bersyukur karena telah mendapat dukungan dari penasehat Muslimat NU Pulau Taliabu Ny Zahra Yolanda Mus, juga dapat hadir dalam acara Zikir dan Doa serta Sholawat dalam rangka menyambut Harlah Nahdatul Ulama dan Muslimat NU yang akan di laksanakan pada hari Sabtu tanggal, 20 Januari 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno besok Insya Allah

Selain itu Muslimat NU Pulau Taliabu
Maluku Utara juga akan hadir bersama pengurus wilayah dan seluruh Ketua Muslimat NU Kabupaten/Kota se Maluku Utara yang nanrinya rombongan di bawah komando Ketua Wilayah Dr Rosita Alting,” kata. Domini Lajawara, S.PdI., (Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu).

Baca Juga :  Pejabat Polres Inhil Mutasi Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran,Berikut Daftar Namanya

Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu Domini Lajawara, juga menjelaskan bahwa makna Menyambut Harlah Muslimat Nu Ke-78, adalah wujud dari sebuah kemerdekaan yang, ”Terus Maju Untuk Indonesia Maju” serta kebagaiaan Muslimat NU adalah sebuah Kesucian Wanita Muslimat NU, manfaat Istinjak untuk kesehatan HIDMAT Muslimat NU gelar Sima’an dan Taklim Virtual Nasional

Apalagi kata Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu Domini Lajawara,S.PdI, menyambut Harlah NU 101 dan Muslimat NU Ke 78 yang merupakan (Hari Lahir) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dan juga merupakan perayaan penting dalam kalender keagamaan Islam di Indonesia.

Yang mana Muslimat NU adalah organisasi perempuan yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama, organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Dan kegiatan menyambut, Harlah Muslimat NU dirayakan setiap tahun itu adalah memperingati berdirinya organisasi ini dan sebagai momen untuk merenungkan peran serta kontribusi perempuan dalam mengembangkan dan memperkuat pondasi keislaman di masyarakat.

“Berdasarkan sejarah Muslimat NU telah didirikan pada tanggal 24 Januari 1946 bertepatan tanggal 26 Rabiul Akhir 1365 H” dan hal tersebut juga keinginan jamaah wanita NU untuk berorganisasi diterima secara bulat oleh para utusan Muktamar NU ke-16 di Purwokerto.

Kemudian hasilnya, dibentuklah sebagai lembaga organik bidang wanita dengan nama Nahdlatoel Oelama Moeslimat (NOM) yang kelak lebih populer disebut Muslimat NU.
yang kemudian hari kita peringati sebagai hari lahir Muslimat NU hinggah sampai sekarang.

Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu Domini Lajawara juga menjelaskan, bahwa Pendirian lembaga ini dinilai relevan dengan kebutuhan sejarah yang mana pandangan ini juga hanya dimiliki sebagian kecil ulama NU, di antaranya KH. Muhammad Dahlan, KH. Abdul Wahab Chasbullah, dan KH. Saifuddin Zuhri.

Baca Juga :  Peringatan HUT Ke-78 RI, Hampir Seluruh WBP Labukti Dapat ”Kado” Remisi

Sehinggah Harlah Muslimat NU saat ini menjadi istimewa karena mencerminkan perjalanan panjang organisasi ini dalam memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan Islam di Indonesia khususnya di Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara.

Dalam setiap Peringatan Harlah Muslimat NU juga sering kali diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain adalah pengajian, seminar, bakti sosial, dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Acara-acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan, semangat kebersamaan, dan meningkatkan peran perempuan dalam memajukan masyarakat”

Seiring berjalannya waktu, Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu Domini Lajawara juga meyampaikan, bahwa Muslimat NU tidak hanya fokus pada aspek keagamaan semata tetapi juga turut berperan dalam berbagai bidang pembangunan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

Selain itu mereka terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung pemberdayaan perempuan dan anak-anak, serta memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi berbagai masalah sosial di masyarakat dan Harlah Muslimat NU bukan hanya sebagai momen perayaan.

Akan tetapi juga sebagai kesempatan untuk memotivasi dan menginspirasi para perempuan muslimah untuk terus berperan aktif dalam pembangunan masyarakat dan memajukan nilai-nilai Islam.

Serta Perayaan ini menjadi momentum untuk merefleksikan peran positif yang telah dimainkan oleh Muslimat NU dalam memperkuat dan mengembangkan kehidupan beragama di Indonesia dan khususnya Muslimat NU yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara,” tutup. Domini Lajawara (Ketua Muslimat NU Kabupaten Pulau Taliabu).

(Ketua InvestigasI Indonesia (Nasional) **** La Omy La Tua.

Komentar