Kantor Pengadilan Negeri Kelas IIB Bobong Pulau Taliabu Di Resmikan Bupati Aliong Mus

#ASN, Daerah176 Dilihat

Kantor Pengadilan Negeri Kelas IIB Bobong Pulau Taliabu Di Resmikan Bupati Aliong Mus

Taliabu Maluku Utara, MediaInvestigasi.Net –  Peresmian Kantor Pengadilan Negeri Kelas IIB Bobong Baru Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara yang terletak di Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat di resmikan langsung oleh Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, S.T., pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024, pukul 10.40 WIT, pagi tadi.

Dimana kegiatan Presmian Kantor Pengadilan Negeri Kelas IIB Bobong yang Baru Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara tersebut di hadiri langsung oleh :

1). H. Aliong Mus, S.T. (Bupati Kabuparen Pulau Taliabu).

2). H. Ramli (Wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu).

3). Hj. Meilan Mus (Ketua DPRD Kabupaten Pulau Taliabu).

4). Alferd Tasik Papulungan S.H, M.H., (Kajari Kabupaten Pulau Taliabu).

5). Suhendra Saputra, S.H,.M.H., (Ketua Pengadilan Kabupatrn Pulau Taliabu).

6). AKBP Totok Handoyo, S.I.K., (Kapolres Kabupaten Pulau Taliabu).

7). Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus (Ketua TP- PKK Kabupaten Pulau Taliabu).

8). Kapten Inf Afat Mandjeng (Danramil 1510-02/Bobong).

9). Salim Ganiru (Setda Kabupaten Pulau Taliabu).

10). Syukur Boereo (Asisten I Setda Kabupaten Pulau Taliabu).

11. Ma’ruf (Asisten II Setda Kabupaten Pulau Taliabu).

12. Komarudin (Mewakili kepala Kemenag Kabupaten Pulau Taliabu).

13). Para Pimpinan OPD (Kabupaten Pulau Taliabu).

14)) Para Camat Se-KabupaKabupaten Pulau Taliabu).

15). Kepala Desa Se-Kabupaten Pulau Taliabu.

16). Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Toko Pemuda serta Tokoh Perempuan

Ketua Pengadilan Negri Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, Suhendra Saputra, S.H., M.H., menyampaikan bahwa tugas pertama saya menginjakan kaki di Kabupaten Pulau Taliabu adalah bagaimana upaya yang saya harus lakukan secepatnya yakni akan memberdirikan Kantor Pengadilan Negri (PN).

Baca Juga :  Buka Festival Ekonomi Kreatif, Bupati HM WARDAN Harapkan Dapat Meningkatkan UMKM di Kabupaten Indragiri Hilir

“Maka degan hal tersebut itu saya berkordinasi dengan Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus dan Alhamdulillah hal itu di respon dengan baik”

Ketua Pengadilan Negri Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, Suhendra Saputra juga menyampaikan bahwa atas bantuan Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, pada tahun 2022 cair anggaran pembangunan pertama keluar kami langsung melakukan Peletakan batu Pertama dan pada tahun 2023, dan melaksanakan pekerjakannya sehinggah pada hari ini kita meresmikan bangunan sudah berdiri kokoh di hadapan kita bersama, tuturnya.

Ketua Pengadilan Negri Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, Suhendra Saputra juga mengatakan bahwa setelah di resmikan bagaunan Pengadilan Negri Bobong yang baru ini dirinya berjanji akan meningkatkan pelayanan melalui pos bakum agar pelayanan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu mendapatkan pelayanan yang baik mulai dari konsultasi, bantuan hukum dan lain-lainya.

Dan salah satu tugas pokok kami di Pengadilan Negeri (PN) Bobong Kabupaten Pulau Taliabu Adalah :

1). Menerima perkara
2). Memproses perkara
3). Menyelesaikan perkara

Ketua Pengadilan Negri Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, Suhendra Saputra juga mengatakan bahwa mengenai Program hukum terpadu kami akan selalu berkordinasi dengan Kejaksaan dan Polres agar bisa turun ke Masyarakat yang ada di Desa-Desa untuk melaksanakan sosialisasi tentang hukum yang akan dilakukan oleh para Hakim-hakim kami yang ada disini, “ucapnya.

Selanjutnya Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, melalui sambutannya juga mengajak semua yang hadir di tempat ini untuk marilah senantiasa kita memanjatkan puji serta syukur kehadirat allah swt, tuhan yang maha kuasa atas nikmat yang telah di berikan pada kita semua, khususnya nikmat iman, nikmat kesehatan dan kesempatan, sehingga kita bisa hadir di tempat ini dalam rangka peresmian serta penggunaan kantor pengadilan negeri bobong kabupaten pulau taliabu, dalam keadaan sehat walafiat..Aminn ya rabbal alamin.

Baca Juga :  Warga Desa Belimbing Janji Wujudkan Pemilu Damai 2024 dan Bantu Polsek Batang Gansal

Atas nama Pemerintah Daerah serta Masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu mengucapkan selamat kepada Ketua Pengadilan Negri Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, Suhendra Saputra, berserta jajarannya atas penempatan gedung baru, yang berdiri megah di diantara gedung-gedung Forkopimda lainnya, seperti Kantor DPRD Pulau Taliabu Mako Polres Pulau Taliabu, Kantor Kejaksaan Pulau Taliabu.

Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan pihak Mahkamah Agung RI dan Pengadilan Negeri Bobong yang memberikan kepercayaan kepada saya selaku Bupati Pulau Taliabu untuk meresmikan penggunaan Kantor Pengadilan Negeri Bobong yang saat ini berdiri megah, ini adalah suatu Penghormatan bagi saya selaku Kepala Daerah serta Masyarakat yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu.

Yang mana degan terbentuknya Pengadilan Negeri (PN) Bobong Kabupaten Pulau Taliabu baru yang berdiri megah saat ini tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan Pengadilan di suatu Daerah yang ada di Wilayah administrasinya yang belum lama di mekarkan.

Namun kata Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, yang lebih penting itu adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada Masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya yang sebelumnya jauh dari lokasi pengadilan.

Karena kendala geografis di wilayah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan para pencari keadilan untuk datang langsung kepengadilan, baik karena jarak antara pengadilan, dengan tempat tinggal dan para pencari keadilan yang sangat jauh seperti dulu kita di Kabupaten Pulau Taliabu masih harus ke Kabupaten Kepulauan Sula dan Labuha.

Apalagi disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat, laut maupun udara, sehingga pada daerah-daerah tertentu untuk bisa sampai ke Kantot Pengadilan untuk mencari keadilan.

Baca Juga :  Danrem 031/WB, Kapolda Riau dan Danlanud Roesmin Nurjadin Lakukan pengecekan dan Tinjau Kesiapan TPS di Pemilu 2024 di Pulau Terluar Inhil

Namun, saat ini di Kabupaten Pulau Taliabu sudah punya kantor Pengadilan Negeri yang baru terletak di Ibu Kota Bobong Kabupaten Pulau Taliabu masyarakat degan mudah menjanggkau untuk mendapatkan keadilan, “tutup. H. Aliong Mus, S.T., (Bupati Kabupaten Pulau Taliabu).

(Ketua Investigasi Indonesia (Nasional) **** La Omy La Tua).

Komentar