DPUPRP2RKP Beltim Cetak Sukses 80% Pekerjaan Fisik 2023: Terapkan Lelang

Berita, Daerah, Politik355 Dilihat

Manggar, Mediainvestigasi.net || Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Pertanahan, dan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRP2RKP),  Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengumumkan pencapaian signifikan dengan menyelesaikan 80% program kegiatan fisik tahun 2023.

Anggaran total mencapai Rp86.956.844.305, dengan fokus pada sektor Pengelolaan Sumber Daya Air, Penataan Jalan, hingga Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Kepala DPUPRP2RKP, Idwan Fikri, menyatakan kepuasannya atas kesuksesan pelaksanaan program. “Alhamdulillah semua kegiatan kita tahun ini terlaksana. Tidak ada pembatalan kegiatan, semua sudah selesai dilaksanakan,” ujar Idwan. Rabu, (27/12/2023).

Pentingnya pengawasan ekstra dalam mencapai target serapan anggaran 90% di akhir tahun ditekankan oleh Idwan, terutama dengan banyaknya kegiatan yang dilelang. “Sekarang sudah 80 persen, mudah-mudahan bisa 90 persen nanti. Dak bisa serapan hampir 100 persen karena kegiatan kita memang banyak yang dilelang,” jelasnya.

Menyoroti aspek keuangan, Idwan menjelaskan bahwa kegiatan dengan metode lelang dapat meningkatkan sisa lebih pembiayaan (silpa) anggaran. Meskipun tidak semua anggaran dapat terserap sepenuhnya, pendekatan ini dianggap sebagai langkah cerdas untuk menghemat keuangan daerah, terutama dengan proyek lelang yang berada di bawah pagu anggaran.

Kepala DPUPRP2RKP menekankan bahwa silpa yang muncul bukan disebabkan oleh kegagalan pelaksanaan kegiatan, melainkan sebagai hasil dari kebijakan pengelolaan keuangan yang cermat. “Paling kita dan pihak-pihak yang sudah ditunjuk untuk supervisi mesti lebih ekstra pengawasan untuk memastikan pekerjaan yang mereka lakukan kualitasnya baik,” tambah Idwan.

DPUPRP2RKP bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pekerjaan dan efisiensi penggunaan anggaran demi mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Beltim.

 

 

Red/iws)**

Baca Juga :  Peran Dalam Kegiatan apapun, Babinsa Bantu Plester Pagar Rumah Warga di Wilayah Binaan

Komentar